Contohnya, jika kamu harus presentasi di depan banyak orang, self-efficacy kamu dalam public speaking bisa mempengaruhi seberapa baik kamu melakukannya.

Jika kamu yakin bisa menyampaikan materi dengan baik karena pernah sukses melakukannya sebelumnya, self-efficacy-mu tinggi.

  1. Self-Esteem: Harga Diri

Sementara itu, self-esteem adalah bagaimana kamu menilai dirimu secara keseluruhan. Apakah kamu merasa dirimu berharga, layak dicintai, dan dihargai?

Self-esteem lebih ke arah harga diri—perasaan tentang nilai diri sendiri. Jika kamu punya self-esteem yang tinggi, kamu merasa dirimu penting, diterima, dan punya kualitas positif yang membuatmu merasa nyaman dengan siapa dirimu.

Misalnya, seseorang yang memiliki self-esteem tinggi akan tetap merasa dirinya berharga, bahkan jika mereka gagal dalam suatu tugas.

Mereka melihat kegagalan itu sebagai kesempatan untuk belajar, bukan sebagai bukti bahwa mereka tidak cukup baik.

Perbedaan Antara Self-Efficacy dan Self-Esteem

Nah, di sinilah letak perbedaan utama antara self-efficacy dan self-esteem:

  • Self-efficacy berhubungan dengan keyakinan pada kemampuan untuk melakukan tugas-tugas tertentu. Ini lebih spesifik dan terkait dengan kepercayaan diri kita dalam konteks situasi tertentu.
  • Self-esteem lebih luas dan melibatkan cara kita menghargai diri secara keseluruhan, baik dalam kemampuan, kepribadian, hingga nilai diri kita di mata orang lain dan diri sendiri.

Sebagai contoh, seseorang bisa saja memiliki self-efficacy yang tinggi dalam bermain musik, karena mereka yakin dengan keterampilannya.

Namun, orang tersebut bisa saja memiliki self-esteem yang rendah, jika mereka merasa tidak berharga atau tidak dihargai secara keseluruhan, meskipun mereka pandai bermain musik.

Bagaimana Keduanya Saling Berkaitan?

Ananditha Nursyifa
Editor