Prolite – Mindfulness, sebuah kunci sederhana namun kuat untuk membantu kita menemukan ketenangan dan kebahagiaan dalam kehidupan sehari-hari yang super sibuk.

Pernah nggak merasa terjebak dalam pikiran yang terus berputar atau merasa cemas tentang masa depan? Tenang, karena ada cara sederhana yang bisa membantu kita menjalani hidup dengan lebih tenang dan bahagia. Namanya mindfulness. Yuk, kita bahas tentang mindfulness, hidup lebih bahagia sedang menantimu!

Apa itu Mindfulness?

Menurut American Psychological Association (APA), mindfulness adalah “kesadaran diri yang disengaja dan non-judgmental terhadap pengalaman saat ini”.

Sederhananya, mindfulness adalah keadaan kesadaran penuh yang memungkinkan kita untuk fokus pada momen sekarang tanpa menilai atau mengkhawatirkan masa lalu atau masa depan.

Kita akan belajar untuk mengalami dan menghargai setiap momen hidup tanpa terjebak dalam kekhawatiran yang berlebihan atau gangguan pikiran.

Kenapa Mindfulness Penting?

Coba kamu pikirkan, kenapa orang bisa mengalami depresi? Salah satunya ialah karena beban yang ia pikul terlalu berat. Kehidupan seringkali penuh dengan stres, tekanan, dan pikiran yang mengembara.

Orang yang memikul beban terlalu berat biasanya menghadapi masalah yang tidak nyata yaitu memikirkan masalah masa kini ditambah masalah masa lalu yang sudahtidak bisa ia ubah, dan bahkan masa depan yang bisa jadi tidak nyata!

Wajar jika seseorang itu akan mengalami depresi, karena beban yang harusnya dipikul selama puluhan tahun, malah ia hadapi dalam satu waktu.

Kesadaran penuh atas diri sendiri akan membantu kita untuk menenangkan pikiran, mengurangi stres, dan meningkatkan kesejahteraan psikologis dan kemampuan mengatasi emosi negatif.

Ananditha Nursyifa
Editor