Dalam jangka panjang, praktik mindfulness juga dapat membantu meningkatkan kualitas tidur dan fungsi kekebalan tubuh.

Maka penting untuk memahami seni mindfulness agar pikiran kita berada di “masa sekarang” dan menghadapi masalah atau perasaan yang memang nyatanya ada di masa sekarang.

Dengan menjadi lebih sadar akan diri sendiri dan sekitar, kita dapat menikmati momen-momen sederhana dengan lebih baik dan memiliki hubungan yang lebih baik dengan orang lain.

Bagaimana Cara Melakukan Mindfulness?

Melakukan mindfulness sebenarnya sederhana dan bisa dilakukan dalam kegiatan sehari-hari. Berikut ini adalah beberapa tips sederhana untuk mulai melakukan mindfulness :

1. Menerima diri sendiri

Langkah pertama ialah, coba mulai dengan bagaimana kita memperlakukan diri kita selayaknya yang kita lakukan kepada sabahat, orang terkasih, atau pada keluarga kita. Berusaha untuk memberikan perhatian penuh, terbuka terhadap hal-hal dan ujungnya menerima atas apa yang dilakukan.

2. Sadarilah Pernapasanmu

Setelah bangun tidur atau saat merasa cemas, coba tarik napas dalam-dalam dan perhatikan setiap hembusan napas. Ini membantu menenangkan pikiran dan memfokuskan perhatian pada momen sekarang.

3. Nikmati Makanan dengan Penuh Kesadaran

Ketika makan, perhatikan setiap gigitan dan nikmati sensasi makanan dengan sepenuh hati. Rasakan tekstur, rasa, dan aroma makanan. Ini membantu kita lebih menghargai makanan dan merasa kenyang dengan lebih baik.

Ananditha Nursyifa
Editor