Posisi standar ini berada di sebelah kiri bawah motor. Standar samping memiliki fungsi sebagai penahan motor saat parkir. Khusus untuk produk sepeda motor jenis skutik Honda, terdapat fitur yang disebut Side Stand Switch, di mana mesin tidak dapat dinyalakan saat standar samping dalam posisi turun. Hal ini bertujuan untuk mencegah pengendara lupa menaikkan standar samping.

2. Standar Tengah

Punya nama lain standar ganda, standar tengah berada tepat di poros tengah di bawah mesin. Bagian ini memiliki beberapa fungsi penting, di mana standar ini harus digunakan saat melakukan penggantian oli, menyalakan kick starter untuk motor matic, dan juga saat mencuci motor atau melakukan perbaikan. Standar tengah lebih optimal untuk menjaga agar motor tetap dalam keadaan tegak dan stabil saat melakukan aktivitas dengan sepeda motor dalam kondisi diam.

3. Standar Paddock

Standar ini sebenarnya berupa aksesoris yang dijual terpisah dan digunakan pada motor jenis sport yang tidak dilengkapi standar tengah. Sesuai dengan namanya, standar paddock sebenarnya digunakan oleh para mekanik pada unit motor balap, baik sebelum start maupun ketika berada di paddock.

Rizki Oktaviani
Editor