Prolite – Jarang diketahui, nih, ternyata bunga rosella punya manfaat yang gak bisa disepelekan, khususnya buat kesehatan kita.

Bunga yang cantik dan berwarna merah ini nggak cuma buat hiasan aja, tapi juga bisa jadi obat alami yang oke banget. Yuk, kita kenali bunga cantik satu ini dan bahas manfaatnya satu per satu!

Mengenal Bunga Rosella

bp-guide.id

Bunga rosella itu tipe bunga keren banget yang asalnya dari Afrika, namanya latinnya Hibiscus Sabdrariffah. Bunganya dan daunnya bisa diolah jadi teh herbal yang nggak kalah keren dan penuh manfaat buat kesehatan kita. Warna merahnya pekat banget dan rasa kelopak bunganya itu asam-asam segar.

Selain itu, tanaman herbal ini juga bisa jadi bahan antiseptik dan agen astringen yang keren banget. Rosella ini bisa tumbuh dengan bagusnya di daerah tropis dan subtropis. Rosella (Hibiscus Sabdariffa L.) itu punya keluarga besar, loh, namanya famili Malvaceae. Tanaman ini pada aslinya tinggal di daerah India sampai Malaysia gitu, guys.

Kandungan Yang Ada Di Dalamnya

Dalam 100 gram kelopak bunga Hibiscus sabdariffa ini ada banyak banget nutrisi yang penting buat tubuh kita. Dalam jumlah itu, ada protein sebanyak 2 gram, karbohidrat 10.2 gram, dan lemak 0.1 gram.

Gak cuma itu aja, ada juga tiamin sebanyak 0.05 miligram, riboflavin 0.07 miligram, dan niacin 0.06 miligram. Plus, vitamin C-nya sebanyak 17 miligram, kalsium 150 miligram, dan zat besi 3 miligram.

Ananditha Nursyifa
Editor