Agar tidak bingung dalam mengasuh anak, berikut beberapa tips yang bisa Mom lakukan untuk mengasuhnya:

  1. Pastikan untuk menjadi contoh yang baik bagi anak. Tanamkan kebiasaan baik pada anak mulai dari kebiasaan pola makan, pola tidur bahkan bersikap kesopanan serta kesantunan. Tanamkan nilai-nilai kebaikan ke anak sejak usianya sedini mungkin.
  2. Pastikan untuk menjadi orang tua yang sabar, lemah lembut dan penuh kasih sayang ke anak. Usahakan untuk senantiasa bersikap sabar setiap kali memberikan pembelajaran apapun ke anak. Sikap sabar dari orang tua, akan membentuk pribadi anak yang sabar, lemah lembut dan juga penuh kasih sayang. Mengasuh anak dengan kesabaran, akan memiliki dampak positif hingga anak berusia dewasa kelak.
  3. Jadilah orang tua yang bersedia untuk selalu mendampingi anak. Meski Mom atau ayah sibuk bekerja setiap harinya, selalu sempatkan waktu untuk menunjukkan kasih sayang pada anak. Luangkan waktu untuk bercengkerama, bermain atau memberikan kasih sayanmu pada mereka. Semakin dekat anak dengan orang tua, akan semakin baik pertumbuhan juga perkembangannya.
  4. Ajarkan kebenaran pada anak sejak usianya sedini mungkin. Latih anak untuk meminta maaf saat salah dan mau memaafkan kesalahan orang lain. Usahakan agar anak senantiasa melakukan suatu hal yang benar, meski mereka melakukan kesalahan. Kalau pun ia melakukan hal yang salah ingat, hindari memarahi anak secara berlebihan, di hadapan orang lain bahkan memukulnya. Sikap yang terlalu keras dari orang tua justru bisa membuat anak berpotensi jadi pribadi yang keras pula nantinya.

Itulah sekian tips mengasuh anak yang masih balita. Semoga informasi ini bermanfaat. Yuk Mom, lebih bijak dan ramah serta sabar dalam mengasuh buah hati kita di rumah. (*/ino)