Kebiasaan terburu-buru menutup rambut yang lembap apalagi masih basah, hanya akan menyebabkan munculnya ketombe dan membuat rambut mudah rusak.

  1. Potong rambut secara berkala

Memotong rambut secara berkala juga bisa menjadi salah satu cara merawat rambut berhijab. Memotong rambut membantu menjaga kesehatan mahkotamu dengan cara menghilangkan kerusakan pada bagian ujungnya.

  1. Jangan malas menyisir rambut

Mengenakan hijab bukan berarti membiarkan rambut jarang disisir. Sebab, dengan rajin menyisir rambut akan mencegahnya dari kusut dan rontok akibat patah.

Kamu dapat menyisir rambut setidaknya minimal dua kali sehari setiap pagi dan malam hari menjelang tidur.

  1. Pilih material kain hijab yang lembut

Selain mempertimbangkan modelnya, usahakan untuk memilih bahan hijab yang tidak terlalu tebal, adem, lembut, dan punya sirkulasi yang baik. Dengan begitu, hijab akan lebih mudah menyerap keringat dan tak membuatmu kegerahan.

  1. Lepas ikat rambut bila sudah tidak digunakan

Mengikat rambut secara terus-menerus dapat berdampak buruk bagi kesehatan rambut. Seperti layaknya hijab, ikat rambut juga tidak boleh digunakan terus-menerus dan dipasang dengan sangat kencang.

Terlalu lama mengikat rambut apalagi kondisinya masih lembap dan pakai karet gelang berisiko membuat rambut rapuh. Akhirnya rambut akan rentan patah dan rontok.

Itulah beragam cara merawat rambut berhijab yang perlu kamu ketahui agar tetap sehat serta terbebas dari rontok dan ketombe. Semoga membantu. (*/ino)