Prolite – Tidak perlu khawatir, jika  menemukan ada karat terdapat pada sepeda motor milikmu. Ada beberapa tips yang  bisa dilakukan untuk menghilangkan karat pada motor.

Beberapa  pilihan  bahan yang bisa digunakan

  • Oli Bekas

Jika punya  oli bekas ada baiknya tidak dibuang. Cara menggunakan oli bekas untuk menghilangkan karat tersebut mudah. Kamu hanya perlu mengoleskan oli ke bagian motor yang berkarat.

Setelah itu, nyalakan mesin motor. Biarkan panas sekitar 1-2 menit. Nah, panas mesin ini bisa menghilangkan karat pada motor. Jika masih punya waktu luang, bisa juga membersihkan bagian lubang knalpot dengan oli bekas.

  • Pembersih Keramik

Pembersih keramik punya daya angkat kotoran juga karat yang bagus. Cara menggunakannya pun terbilang mudah.

Pertama, oleskan pembersih ini pada bagian motor yang berkarat. Tunggu sampai terkelupas. Setelah itu, sikat atau gosok dan bersihkan dengan air serta lap. Namun, perlu diketahui, pembersih keramik mengandung bahan cukup berbahaya jika terkena kulit maupun mata.

Oleh karena itu, sangat disarankan menggunakan sarung tangan plastik saat menggunakan pembersih tersebut agar tidak terkena kulit dan mata. Selain itu, hindari pembersih keramik tercecer ke bagian lain seperti blok motor karena dapat merusaknya.

  • Cuka

Kamu bebas menggunakan jenis cuka apa saja, bisa cuka putih maupun cuka apel.

Sebagai informasi, cuka memiliki kandungan asam tinggi yang dapat menghilangkan karat pada motor, termasuk di bagian-bagian kecil seperti baut.

Jika pilih cara ini, rendam bagian motor yang berkarat dengan cuka semalaman. Kemudian gosok dengan sikat untuk menghilangkan sisa yang masih menempel.

  • Stempet atau Gemuk

Bagi pecinta otomotif,  stempet atau gemuk bukan produk  asing.

Sebagai informasi, stempet merupakan suatu cairan kental dan mirip seperti gel yang biasa digunakan sebagai pelumas mesin motor dan bisa digunakan untuk menghilangkan karat dan membuat mesin motor tidak mudah aus.

Oleskan stempet  hanya pada bagian motor yang berkarat secukupnya. Stempet bertekstur lengket ini  jangan gunakan pada bagian rantai agar tidak cepat rusak.

  • Rust Remover

Ini merupakan produk pembersih yang biasa digunakan untuk membersihkan kerak air dan karat besi.