Produk tersebut dinilai cukup efektif membersihkan berbagai jenis bahan seperti besi, stainless steel, dan lain-lain. Selain itu, rust remover juga mampu menghilangkan karat pada besi motor.

Cara menggunakannnya, cukup semprotkan rust remover pada bagian besi motor yang berkarat lalu diamkan selama satu menit. Kemudian gosok dengan lap microfiber agar benar-benar kering dan tidak menimbulkan karat.

Saat menggunakan produk tersebut,  jangan lupa pakai sarung tangan dan pastikan jauh dari jangkauan anak-anak karena cairannya cukup berbahaya.

  • Pertamax Plus

Alternatif  cara ini bisa dipakai jika tidak memiliki oli bekas untuk menghilangkan karat pada motor adalah Pertamax Plus.

Cara menggunakannya,  campurkan Pertamax Plus dengan Solar atau minyak tanah dengan perbandingan 1:2. Kemudian, oleskan campuran ini pada bagian motor yang berkarat secara merata.

Diamkan beberapa saat, lalu digosok. Untuk mendapat hasil yang maksimal, pakai sikat gigi atau sikat kawat. Di sisi lain, Pertamax Plus dapat digunakan untuk menghilangkan karat pada stailess steel.

  • Pasta Gigi

Kami pasti tidak menyangka pasta gigi punya manfaat lain selain membersihkan gigi. Dan bisa digunakan untuk menghilangkan karat motor. Pasta  sesungguhnya memiliki kandungan yang bisa mengangkat karat membandel sekali pun. Dan  bahkan dapat membuat permukaan besi motor jadi terlihat seperti baru.

Untuk menggunakan cara ini, oleskan pasta gigi pada bagian motor yang berkarat, kemudian tunggu beberapa saat. Lalu, gosok dengan sikat halus atau kain. Ulangi langkah-langkah ini sampai karat pada motornya hilang.

  • Baking Soda

Cara memakai baking soda untuk hilangkan karat motor sangat mudah. Pertama, campurkan baking soda dengan air plus perasan air jeruk nipis. Lalu, sikat bagian motor yang berkarat dengan baking soda tersebut. Diamkan beberapa waktu sebelum digosok.

Baking soda sebenarnya mempunyai manfaat lain. Selain karat, baking soda juga dapat digunakan untuk mencegah korosi pada besi.

  • Cairan Soda

Tidak hanya baking soda, cairan soda juga dapat menghilangkan karat motor. Caranya, basahi bagian motor yang berkarat dengan soda. Gosok dengan menggunakan alumunium foil hingga benar-benar hilang.

Setelah itu, basuh dengan air. Ini bertujuan untuk mencegah efek buruk dari cairan soda yang sudah digunakan di kemudian hari. Cairan soda juga dipercaya untuk membersihkan korosi.

  • Amplas

Amplas banyak digunakan untuk menghaluskan permukaan benda yang kasar seperti kayu agar lebih halus. Ternyata, amplas juga dapat digunakan untuk menghilangkan karat pada bagian motor, seperti salah satunya pelek. Menghilangkan karat dengan amplas mudah di mana tidak menggunakan tambahan apapun.

Langkah pertama, pastikan bagian motor yang akan diamplas bersih dari debu ataupun kotoran lain terlebih dahulu. Jika sudah, gosokkan bagian motor yang berkarat dengan amplas secara perlahan agar tidak merusaknya.