Meskipun kondisi ini adalah emosi yang normal, jika tidak dikelola dengan baik, hal ini bisa berdampak buruk bagi kesehatan fisik dan mental kita. 

Beberapa perilaku yang sering dilakukan saat emosi ini ialah, tantrum- seperti berteriak, membanting barang, atau bahkan melakukan kekerasan, tidak hanya merusak hubungan dengan orang lain, tetapi juga dapat memicu stres, kecemasan, dan berbagai masalah kesehatan lainnya.

Tips Mengendalikan Amarah

Berikut ini beberapa langkah yang bisa kamu coba praktikan untuk mengendalikan emosi agar tidak tantrum dan merugikan siapapun:

  1. Kenali Pemicu Amarah: Coba catat hal-hal apa saja yang sering membuatmu emosi. Dengan mengetahui pemicunya, kamu akan lebih siap menghadapinya. Perhatikan juga pola pikirmu saat itu. Apakah kamu sering menyalahkan orang lain atau berpikir terlalu berlebihan.
  2. Atur Napas: Cobalah tarik napas dalam-dalam melalui hidung dan hembuskan perlahan lewat mulut selama 3- menit. Teknik ini membantu menenangkan sistem saraf. Lalu bayangkan kamu sedang berada di tempat yang tenang dan damai.
  3. Cari Distraksi: Alihkan perhatian dengan melakukan aktivitas yang kamu sukai, seperti mendengarkan musik, membaca buku, atau berolahraga. Hobi: Kembali pada hobi yang pernah Kamu nikmati.
  4. Komunikasi Efektif: Setelah tenang, cobalah ungkapkan perasaanmu dengan cara yang sopan dan asertif. Serta berikan kesempatan bagi orang lain untuk menjelaskan sudut pandangnya.
  5. Cari Dukungan: Berbagi perasaan dengan orang yang kamu percaya dapat memberikan rasa nyaman. Jika Kamu merasa kesulitan mengendalikannya, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan profesional yaitu ke psikolog.

Ananditha Nursyifa
Editor