Banyak yang bilang kalau mandi malam bisa buat kita jadi susah tidur. Tapi sebenarnya ini cuma mitos belaka kok guys. Faktanya, mandi malam dengan air hangat justru bisa bantu tubuh kita lebih rileks dan menenangkan pikiran sehingga kita siap untuk tidur yang lebih nyenyak. Jadi, asalkan tidak terlalu lama mandinya, mandi malam justru bisa memberikan manfaat positif bagi tidur kita.

Mitos 2: Menyebabkan Penyakit

bodrex.com

Beberapa orang percaya kalau mandi malam itu bisa nimbulin penyakit kayak rematik, pilek atau flu. Tapi, ini juga cuma mitos yang gak punya dasar ilmiahnya atau belum ada penelitian lebih lanjut soal ini. Faktanya, ini tuh gak langsung menyebabkan penyakit, tapi penting untuk menghindari paparan udara dingin setelah mandi agar tubuh tetap hangat.

Mitos 3: Membuat Kulit Kering

shutterstock

Katanya mandi malam bisa bikin kulit kita jadi kering karena air hangat bisa ngilangin minyak alami pada kulit. Tapi, ini gak selalu benar. Kalau mandi dengan air hangat terlalu lama, kulit memang bisa jadi kering. Tapi faktanya, mandi malam dengan durasi yang wajar dan pakai air hangat yang gak terlalu panas gak akan secara langsung bikin kulit kita jadi kering.

Mitos 4: Membantu Menghilangkan Kuman dan Bakteri

journal.sociolla
Ananditha Nursyifa
Editor