Ayya tak menyangka acara level internasional diselenggarakan dengan banyak catatan minor.

Korea Selatan di rasa belum siap untuk menjadi tuan rumah jamboree Pramuka ke-25, pasalnya untuk fasilitas pun masih kurang memadai.

Failitas sanitasi yang kurang memadai itu dari bilik kamar mandi yang hanya disekat dengan menggunakan kain saja. Bahakn hanya ada beberapa air yang menyala dan bahkan kondisi kamar mandi yang jorok juga membuat kesan jambore ini belum siap menjadi tuan rumah.

Namun Pemerintah Korea Selatan langsung melakukan pembenahan setelah menanggapi banyaknya keluhan dari para peserta Jambore Pramuka dari seluruh dunia

Menlu akan Pindahkan Kontingen Indonesia dari Lokasi Jambore Pramuka ke-25

MI

lokasi Jambore tersiar kabar bahwa lokasi mereka akan diterpa angin topan. Menteri Luar Negeri Retno Marsudi pun telah mengetahui informasi tersebut.

“Memang ada prediksi bahwa Taifun Khanun akan mendekati area tersebut pada tanggal 9-10 Agustus 2023,” kata Retno di Kompleks Istana Kepresidenan, Senin 7 Agustus 2023.

Alih-alih dipulangkan, Retno mengatakan, pemerintah melalui KBRI merencanakan pemindahan sementara kontingen Indonesia ke tempat aman.

“Kemarin pagi dua kali saya berkomunikasi dengan tim yang ada di Seoul, anak-anak kita menurut rencana akan mulai dipindahkan hari ini sekitar siang dan sore,” kata Retno.

Rizki Oktaviani
Editor
Rizki Oktaviani
Reporter