“Saya ingin mengucapkan terima kasih yang sangat besar kepada semua pekerja yang hadir malam ini dan telah bekerja keras, baik siang maupun malam,” kata Presiden Jokowi, saat berbicara dalam acara Malam Apresiasi Nusantara pada Jumat, 22 September 2023.

“Saya sadar bahwa pekerjaan siang dan malam sangat penting untuk segera menyelesaikan dan mewujudkan Ibu Kota Nusantara kita. Harapan saya, tahun depan kita sudah bisa merayakan HUT RI pada 17 Agustus di Ibu Kota Nusantara,” sambungnya.

Presiden Joko Widodo dalam acara Malam Apresiasi Nusantara – Tangkapan Layar Youtube Setpres

Dalam kesempatan ini, Presiden juga menjelaskan bahwa pembangunan infrastruktur di IKN masih berjalan sesuai rencana.

“Semuanya masih sesuai dengan rencana, saya kira bangunan-bangunan seperti kantor presiden, istana presiden, dan kementerian masih sesuai target. Semua berjalan sesuai rencana,” tambahnya.

Berkaitan dengan pendanaan, Presiden Jokowi optimistis bahwa tidak ada masalah terkait anggaran, terutama untuk pembangunan istana, kementerian, dan infrastruktur dasar.

Keyakinan ini semakin kuat ketika Kepala Negara menerima kunjungan sepuluh taipan yang bergabung dalam konsorsium Nusantara. Mereka bersedia menginvestasikan dana sebesar Rp20 triliun untuk mendukung pembangunan IKN.

Ananditha Nursyifa
Editor