“Ya lulusan sekolah itu mereka jadi bisa tahu harus bekerja ke mana, sehingga pendidikan bermanfaat, dibutuhkan industri,” jelasnya.

“Dan ketiga yakni mengangkat UMKM. Dulu sebelum jadi dewan saja 90%, dan perlu diketahui nilai ekonomi di Jabar ini 60% dari UMKM. Karena itu kita harus melatih UMKM,” bebernya.

Ilham pun menyampaikan nanti akan ada akses permodalan murah tanpa agunan dan waktu tidak terlalu lama. Selain menciptakan banyak lapangan kerja, masa depan Jabar pun kata dia harus cerah, hal itu karena NasDem mengusung Ahmad Syaikhu basic ulama sehingga lebih ke iman dan takwa sedang Ilham basic ke ilmu pengetahuan.

“Provinsi agamis tapi tidak mengerti teknologi kurang, begitupun sebaliknya Provinsi berilmu teknologi modern tapi tidak agamis ya kurang juga. Kalau mau maju dan kuasai masa depan lebih cerah, lebih baik, maka kembangkan industri dengan manusia yang unggul dan aktif. Bukan hanya industry ya tapi juga sektor lain pertanian, perkebunan, peternakan dan lainnya,” tegasnya.

Masih kata Ilham, selama berkeliling di Kota Bandung hari ini ia banyak mendapat banyak masukan masalah sampah, macet, banjir dan pengangguran.