Prolite Bagi para pengguna setia Google Drive, ada berita menarik yang patut untuk disimak. Dilansir dari Google Workspaces Updates, Google Drive menghadirkan tampilan baru yang memudahkan pengguna untuk melihat semua aktivitas terbaru mereka dalam satu tempat.

Fitur ini dirilis sebagai respons atas feedback pengguna yang meminta cara yang lebih efisien untuk memantau aktifitas dan mengambil tindakan terkait file mereka di Google Drive.

Tampilan baru ini memudahkan pengguna untuk melihat permintaan akses yang tertunda, komentar terbaru, dan persetujuan file, semuanya dalam satu laman. Hal ini tentunya akan meningkatkan produktivitas pengguna dan mempercepat proses kerja.

Tidak hanya itu, tampilan ini kini bisa diakses dengan mudah melalui panel navigasi sebelah kiri dalam Google Drive.

  • Bagi para pengguna akhir, cukup kunjungi google.com dan klik “Activity” pada panel navigasi sebelah kiri.
  • Bagi mereka yang memiliki permintaan akses yang tertunda, akan muncul pilihan “Manage access” untuk mengambil tindakan lebih lanjut.
  • Demikian juga dengan bagian “Approvals” dan “Comments“, yang menampilkan persetujuan yang tertunda dan komentar-komentar terbaru yang terkait dengan aktivitas file mereka.

Penting untuk dicatat bahwa notifikasi komentar hanya akan muncul jika pengguna berlangganan notifikasi, berpartisipasi dalam thread komentar tertentu, atau disebutkan dalam komentar di file tersebut.

Dalam peluncurannya, Google membagi menjadi dua tahap. Bagi pengguna Rapid Release, peluncuran diperpanjang dimulai pada 5 Oktober 2023 dan dapat memakan waktu lebih dari 15 hari untuk tampak.

Sedangkan untuk pengguna Scheduled Release, peluncuran secara bertahap dimulai pada 30 Oktober 2023 dan dapat memakan waktu hingga 15 hari.

Ananditha Nursyifa
Editor