BANDUNG, Prolite – Kesadaran berlalu lintas harus ditanamkan sejak usia dini. Sehingga perilaku sadar lalu lintas terbawa hingga dewasa.

“Kita ingin memberikan pemahaman kepada masyarakat akan pentingnya keselamatan dalam menggunakan moda transportasi menjadi bagian yang tidak terpisahkan,” ujar Bunda Paud Kota Bandung, Yunimar pada kegiatan Webinar Transportasi Berkeselamatan Melalui Program Salud, Selasa 14 Maret 2023.

Menurutnya, transportasi yang berkeselamatan adalah sebuah sistem yang terintegritas antara sarana, prasarana dan pengguna jalan yang menerapkan prinsip-prinsip keselamatan melalui 5 pilar keselamatan jalan.

“Salah satu unsur yang harus menerapkan sistem yang berkeselamatan adalah pengguna jalan dapat dikategorikan sebagai manusia/ orang, kendaraan dan barang,” bebernya.

Baca Juga : Isu Penculikan Anak Marak, Disdik: Waspada!

Yunimar mengungkapkan, berdasarkan data Road Seafty Annual Report tahun 2021, kecelakaan lalu lintas dan tingkat fatalitas tahun 2020 ke 2021 mengalami penurunan yaitu 12,43 persen penurunan tingkat kematian dengan jumlah kecelakaan pada tahun 2021 sebanyak 386 kasus kecelakaan.