Prolite Empat kata ajaib yang seringkali dianggap remeh oleh sebagian orang, yaitu “tolong”, “maaf”, “terima kasih”, dan “permisi”, sebenarnya menyimpan keistimewaan dan manfaat besar dalam berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain.

Sangat penting bagi orang tua dan guru untuk membiasakan anak mengucapkan kata-kata ini, namun tidak kalah pentingnya, mereka juga harus menjadi contoh yang baik dengan mengucapkannya secara konsisten.

Mengapa? Mari kita simak penjelasan lebih lanjut pada artikel ini !

Ajarkan 4 Kata Ajaib Ini pada Si Kecil, Yuk!

1. Tolong

Cr. vidoran

Mengucapkan kata “tolong” tidak hanya sekedar meminta bantuan, namun juga menunjukkan rasa hormat terhadap orang yang diminta bantuan. 

Saat anak diajari untuk mengucapkan “tolong”, mereka belajar untuk berkomunikasi dengan sopan dan tidak terkesan memerintah. 

Selain itu, kebiasaan ini juga memperkuat hubungan sosial antara anak dan orang dewasa, sehingga anak merasa lebih nyaman berinteraksi dan siap membantu saat diperlukan. Lebih dari itu, kebiasaan baik ini akan ditiru oleh anak, sehingga ketika mereka besar, mereka juga akan bersikap yang sama.

2. Maaf

Cr. vidoran

Meminta maaf merupakan tindakan yang menunjukkan sikap sportivitas, rasa hormat terhadap norma, dan tanggung jawab atas kesalahan yang dilakukan. 

Ananditha Nursyifa
Editor