Tidak ada yang salah bagi orang tua atau guru untuk meminta maaf kepada anak jika mereka melakukan kesalahan, karena hal ini juga akan mengajarkan anak untuk bertanggung jawab atas tindakan mereka di masa depan. 

Mengucapkan “maaf” juga membantu menciptakan lingkungan yang penuh dengan toleransi dan pengertian.

3. Terima Kasih

Cr. vidoran

Kata “terima kasih” mungkin terdengar biasa, namun didalamnya terkandung makna yang sangat dalam, yaitu menghargai kontribusi atau bantuan yang diberikan oleh orang lain. 

Mengucapkan “terima kasih” secara konsisten akan membiasakan anak untuk menghargai orang lain dan membuat orang yang menerima ucapan tersebut merasa dihargai dan diakui. 

Bahkan untuk hal-hal sepele sekalipun, seperti saat anak meletakkan barang pada tempatnya, mengucapkan “terima kasih” dapat meningkatkan rasa percaya diri dan motivasi anak.

4. Permisi

Cr. vidoran

Kata ajaib yang terakhir namun tak kalah pentingnya ialah kata kata “permisi”. Mengajarkan anak untuk menggunakan kata “permisi” merupakan langkah penting dalam membentuk etika dan tata krama sosial yang baik. 

Saat berbicara dengan anak, memberikan contoh penggunaan kata “permisi” sesuai dengan momen dan konteksnya akan membantu mereka memahami pentingnya menghormati privasi dan ruang pribadi orang lain. 

Ananditha Nursyifa
Editor