ProliteBalas Dendam Terbaik: Menyaksikan Orang yang Menyakiti Kita Menderita atau Melihat Diri Kita Berkembang?

Setelah mengalami patah hati atau dikhianati, kadang kita terjebak dalam pikiran, “Bagaimana rasanya ya kalau orang yang menyakitiku merasakan hal yang sama?”

Tapi, pernah nggak sih kamu berpikir, apakah benar melihat orang yang menyakiti kita menderita bakal bikin kita bahagia?

Atau justru kebahagiaan sejati datang dari fokus mengembangkan diri dan membuktikan bahwa kita bisa bangkit dari luka itu?

Nah, artikel ini bakal ngajak kamu untuk mempertimbangkan, mana sih balas dendam yang paling manjur: lihat mereka menderita, atau lihat diri sendiri makin berkembang? Let’s dive in!

Kepuasan Sementara vs. Kepuasan Jangka Panjang

Kita semua tahu, ketika kita disakiti, entah itu secara emosional atau mental, godaan untuk berharap yang buruk terjadi pada orang tersebut sangatlah besar. Rasanya seolah-olah melihat mereka menderita bisa membuat luka kita sembuh. Tapi, apakah benar begitu?

Rasa senang dari menyaksikan penderitaan orang lain sering kali hanya bersifat sementara. Kita mungkin merasa sedikit terhibur, tapi dalam jangka panjang, dendam hanya menyisakan rasa lelah dan sakit hati yang terus berulang.

Ketika kita fokus pada orang lain—terutama pada kejatuhan mereka—kita jadi terperangkap dalam lingkaran negatif. Bukannya sembuh, malah kita justru membuat proses healing jadi lebih lama. Kok bisa ya?

Banyak yang berpikir kalau menyaksikan orang yang menyakiti kita merasakan penderitaan serupa akan memberikan kepuasan. Namun, penelitian psikologi menunjukkan bahwa kebahagiaan semacam itu hanyalah ilusi.

Kepuasan yang didapat dari penderitaan orang lain hanya berlangsung singkat, dan setelah itu? Rasa sakit yang sama akan muncul kembali karena dendam tidak benar-benar menyembuhkan luka.

Ananditha Nursyifa
Editor