Prolite – Sah, Sardi Efendi ditetapkan sebagai ketua DPRD Kota Bekasi 2024-2029. Kursi ketua dewan itu mewakili PKS Kota Bekasi sebagai juara dengan 11 kursi hasil Pemilu Legislatif 2024 lalu.

Sementara, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di DPRD belum menentukan perwakilannya di unsur pimpinan DPRD Kota Bekasi periode 2024-2029. Pun begitu dengan susunan fraksi PDIP.

Padahal, PDIP Kota Bekasi memiliki 9 kursi hasil Pemilu Legislatif 2024 lalu. Hasil ini menempatkan PDIP berada di urutan kedua setelah PKS yang mendapatkan 11 kursi.

Belum adanya perwakilan PDIP di unsur pimpinan DPRD Kota Bekasi periode 2024-2029 dan unsur fraksi, terungkap dalam rapat Paripurna Pengusulan dan Penetapan Pimpinan Dewan Definitip dan Susunan Fraksi di DPRD Kota Bekasi, Jumat (20/9/2024).

Salah satu anggota DPRD dari PDIP Samuel Sitompul membenarkan belum ada perwakilan PDIP di kursi pimpinan dewan dan fraksi dengan alasan belum ada surat mandat dari DPP PDIP.

“Masih menunggu surat mandat dari DPP PDIP siapa yang akan menjadi Wakil Ketua 1 DPRD Kota Bekasi,” ungkap Samuel.

Untuk diketahui, paripurna hari ini telah menetapkan 3 kursi pimpinan DPRD Kota Bekasi dari PKS, Partai Golkar dan Partai Gerindra.  Serta menetapkan susunan fraksi-fraksi, minus PDIP.

Rizki Oktaviani
Editor