Prolite – Pernah gak sih kamu merasa campur aduk sama perasaanmu sendiri? Nah, itu karena perasaan emosional kita terus berkembang seiring waktu. Emosi emang seru, bikin hidup jadi berwarna! Tapi tau gak, ada beberapa proses yang berpengaruh pada perkembangan emosi kita, lho!

Emosi adalah bagian penting dari kehidupan manusia. Kalian pasti setuju kalau kita pasti sering banget ngerasain perubahan emosional yang bikin kita seneng banget atau sebaliknya yang bisa bikin kita down juga.

Tapi, kamu tau nggak sih, perkembangan emosional itu nggak dateng begitu aja? Ada beberapa proses yang berpengaruh pada perkembangan emosional kita. Nah, pada proses perkembangannya itu ngebahas tentang perubahan dalam cara kita nunjukin, ngertiin, dan ngatur emosi seiring kita tumbuh dan berkembang. Penasaran? Kalau gitu, yuk, kita bahas bareng-bareng!

4 Proses Perkembangan Emosional Pada Manusia

1. Proses Mengenal Emosi

pyfahealth

Pertama-tama, pada saat bayi lahir, secara otomatis mereka udah punya kemampuan emosional dasar, kayak seneng, takut, marah, dan kaget gitu. Nah, mereka ngomongin kebutuhan dan emosinya lewat nangis, senyum, dan muka yang nunjukin sebuah ekspresi. Terus, pas beberapa bulan awal, mereka mulai bisa ngenalin emosi lewat ngamatin dan berinteraksi sama orang lain.

Pada awalnya, mungkin mereka masih bingung dan gak paham banget sama perasaan-perasaan itu. Tapi, lama kelamaan, mereka mulai bisa mengenali dan membedakan emosi-emosi mereka. Misalnya, mereka bakalan bisa tahu kalau kita lagi seneng, sedih, marah, atau takut.

2. Proses Mengatur Emosi

orami

Di masa anak-anak, perasaan emosional mereka jadi mulai lebih kompleks. Mereka mulai ngebangun macem-macem emosi kayak seneng banget, cemas, iri, dan malu gitu. Terus juga mulai ngertiin perasaan orang lain lebih baik, dan bisa ngungkapinnya lewat kata-kata.

Ananditha Nursyifa
Editor