Pada usia dewasa, emosional masih akan terus berkembang. Orang-orang jadi punya pemahaman yang lebih rumit tentang emosi mereka sendiri dan orang lain.

Mereka belajar ngatur emosional dengan lebih baik, pake strategi yang udah lebih matang, kayak bisa ngenalin dan nunjukin emosi dengan tepat, nyari dukungan dari temen-temen, dan ngatasin stres. Selain itu, mereka juga belajar banget ngebentuk hubungan sosial yang sehat.

Dalam prosesnya penting buat bisa paham sama emosional orang lain biar bisa lebih peka dan bisa mendukung mereka. Jadi, kita harus bisa merasakan dan memahami perasaan yang sedang dialami oleh orang lain. Misalnya, kalau teman kita lagi sedih, kita bisa ikutan ngerasain dan nyemangatin dia. Dengan memahami emosional yang dimiliki orang lain, kita bisa jadi teman yang lebih baik.

Jadi, itu dia empat proses perkembangan emosional pada manusia, dari kita lahir sampe dewasa, prosesnya tuh emang kompleks dan terus berlangsung sepanjang hidup kita. Selaras dengan pertumbuhan fisik, kecerdasan, dan interaksi sosial, kita bakal ngalamin perubahan dalam cara kita ngerasin, ngertiin, dan ngatur emosi.

Nah, dengan pemahaman yang baik tentang perkembangan emosional ini bisa bantu kita buat lebih mengenali dan mengatasinya dengan efektif, membangun hubungan yang sehat, serta mencapai kesejahteraan psikologis.

Emosi itu bisa indah dan buat hari-hari kamu berwarna kalau kamu bisa memanagenya dengan baik, jadi jangan takut buat merasakannya juga, ya! Selamat beraktivitas!

Ananditha Nursyifa
Editor