4. Knalpot Berkarat

Karat pada knalpot bisa disebabkan oleh beberapa faktor, misal kondisi lingkungan sekitar yang mengandung kadar garam yang tinggi dan bersifat korosif, sehingga menyebabkan karat pada komponen knalpot. Hal ini biasanya terjadi di daerah dekat pesisir pantai atau laut.

Karat juga disebabkan oleh kurangnya perawatan pada knalpot, seperti tidak membersihkan kotoran dan lumpur yang menempel pada leher dan bagian lainnya secara teratur dan optimal saat mencuci.

Sub Department Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora (DAM), Ade Rohman menjelaskan, perawatan yang baik pada knalpot dapat memperpanjang umur pakai knalpot dan meningkatkan performanya.

“Oleh karena itu, selalu rawat dan jaga kondisi knalpot sepeda motor anda untuk menghindari masalah diatas. Faktor kebersihan semua semua bagian motor sangat penting untuk menjaganya tetap dalam kondisi prima dan disarankan untuk tidak melakukan modifikasi terhadap knalpot model standar dari pabrikan agar dapat berkendara dengan aman, lancar, dan tanpa kendala,” ujar Ade.

Rizki Oktaviani
Editor
Rizki Oktaviani
Reporter