Tapi, nggak cuma kayu secang aja, bumbu kayu manisĀ  juga punya hubungan yang baik buat mengurangi risiko penyakit jantung, yang kan sering jadi penyebab kematian dini. Nah, sekitar 1 gram atau setengah sendok teh kayu manis per hari udah terbukti punya manfaat bagus buat orang yang punya diabetes tipe 2.

Kayu manis ini bisa bantu ngecilin kolesterol, terutama kolesterol LDL yang sering disebut “kolesterol jahat” dan trigliserida. Tapi tenang aja, buat kolesterol HDL yang disebut “kolesterol baik”, nggak usah khawatir, karena nilainya tetap stabil kok.

Dalam penelitian pada hewan, kayu manis juga terbukti bisa menurunkan tekanan darah. Nah, kalo semua faktor dari rempah-rempah ini digabungin, bisa banget mengurangi risiko penyakit jantung secara signifikan.

Dan masih banyak lagi manfaat yang terkandung dalam rempah-rempah yang ada dalam wedang uwuh. Dengan manfaat sebanyak itu kamu bisa bikin minuman ini dengan mudah di rumah lho! Gak usah mahal-mahal cukup pakai bahan-bahan yang ada di rumah aja.

Berikut Cara Membuat Wedang Uwuh yang Simpel

Bahan-bahan yang diperlukan :

  • 40 gram serutan kayu secang kering
  • 50 gram gula batu
  • 6 cm jahe, yang dibakar dan digeprek
  • 2 lembar daun kayu manis kering
  • 3 lembar daun cengkih kering
  • 3 lembar daun pala
  • 10 butir cengkih
  • 700 ml air

Langkah-langkah pembuatan :

  1. Cuci bersih semua bahan
  2. Didihkan air dalam panci besar
  3. Masukan semua bahan termasuk gula batunya dan aduk perlahan
  4. Biarkan campuran mendidih dengan api kecil selama sekitar 10-15 menit, atau hingga aroma rempah-rempah tercium.
  5. Saring wedang uwuh ke dalam gelas atau cangkir.
  6. Jika kamu suka, tambahkan susu kental manis untuk memberikan rasa manis yang lebih lezat.
  7. Minuman siap disajikan!

Nikmati saat masih hangat agar kamu makin segar. Kamu bisa menikmatinya setiap saat, terutama saat cuaca sedang dingin atau ketika ingin bersantai. Rasakan kehangatan dan manfaat kesehatannya saat menyeruput wedang yang lezat ini.

Nah, sekarang kamu sudah tau kan manfaat dan cara membuat wedang uwuh. So, jangan ragu untuk mencoba minuman tradisional yang menghangatkan dan menyehatkan ini. Selamat menikmati!

Ananditha Nursyifa
Editor