“Dari program reguler, Fakultas Hukum menerima 393 mahasiswa, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 908 mahasiswa, Fakultas Teknik 492 mahasiswa, Fakultas Ekonomi dan Bisnis 526 mahasiswa, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 333 mahasiswa, Fakultas Ilmu Seni dan Sastra 137 mahasiswa, serta Fakultas Kedokteran 57 mahasiswa. Selain itu, program pascasarjana menerima 230 mahasiswa magister dan 32 mahasiswa doktor,” beber Prof. Cartono.

Selain itu, Universitas Pasundan juga menerima 8.044 mahasiswa baru dari program profesi guru dan 46 mahasiswa dari program profesi dokter, serta 141 mahasiswa dari program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) dan Hybrid Learning.

Selama dua hari ke depan, mahasiswa akan mengikuti rangkaian kegiatan yang mencakup sosialisasi lingkungan perguruan tinggi, kampus merdeka, seminar kewirausahaan, hingga sosialisasi penanggulangan kekerasan seksual, bullying, dan komitmen menciptakan kampus bersih.

Ia menyebutkan mahasiswa juga didorong untuk memanfaatkan kesempatan di kampus, tidak hanya untuk belajar, tetapi juga membangun jejaring, mengembangkan kreativitas, dan inovasi melalui organisasi kampus.

“Perguruan tinggi adalah gerbang menuju dunia kerja, dan sebagian besar kegiatan mahasiswa harus diadaptasikan dengan kehidupan masyarakat,” tambah Prof. Cartono.

Sekretaris Yayasan Pasundan, Dr. Cece Suryana, S.H., M.M., turut memberikan motivasi kepada para mahasiswa baru. Ia menegaskan kebanggaan menjadi bagian dari Unpas.