“Kabel putus biasanya diakibatkan karena karat pada bagian selang, atau bisa juga karena setelan yang tidak tepat atau juga karena kabel yang terjepit sehingga membuat kinerja kabel kopling tidak bekerja dan terhambat,” ujar Ade.

Sebenarnya, kendala tersebut tidak akan terjadi jika sepeda motor dirawat secara rutin, termasuk bagian kabel kopling dengan tips sebagai berikut.

dok Honda

Pertama, selalu periksa setiap jengkal bagian kabel kopling. Perhatikan apakah bagian seal di bagian paling atas kabel berfungsi dengan baik untuk mencegah air hujan atau kotoran masuk ke dalam kabel. Penyebab lain bisa karena kabel yang tertekuk tidak pada tempatnya, sehingga menyebabkan komponen tersebut bolong dan terkelupas. Jika di bagian dalam kabel terdapat karat dan kotoran, kawat sling tidak akan bekerja dengan lancar atau malah macet. Kendala tersebut menjadi penyebab utama putusnya kawat sling pada kabel sepeda motor.

Untuk menghindarinya, setelah mencuci sepeda motor, pastikan komponen tersebut selalu bersih agar terhindar air dan kotoran masuk ke dalam perangkat. Selanjutnya, beri cairan pelumas pada bagian dalam kabel agar terhindar dari karat dan kawat dapat bekerja lancar ketika digunakan.

Rizki Oktaviani
Editor