Sampaikan dengan bahasa yang santun dan cobalah bernegosiasi. Biasanya, perusahaan pinjaman legal akan memberikan solusi atas permasalahan yang Anda hadapi.

Solusi itu, bisa saja restrukturisasi pinjaman online, penundaan pembayaran Angsuran atau bahkan bisa melakukan pembayaran pinjaman secara bertahap.

  1. Tidak Melakukan Aktivitas Peminjaman Lagi

Jika hutang Anda sudah di restrukturisasi atau telah lunas, maka jangan melakukan aktivitas peminjaman lagi. Karena hal itu, akan membuat Anda kembali terjerat pinjaman online, bahkan bisa memperburuk keadaan ekonomi Anda.

Mulailah hidup berhemat untuk menghindari aktivitas peminjaman secara online lagi. Sekaligus, mencari sumber pemasukan lainnya bagi keuangan Anda.

  1. Menggabungkan Hutang Menjadi Satu

Bila Anda terlanjur mengambil pinjaman di beberapa perusahaan pinjaman dan Anda mengalami kesulitan, coba untuk menggabungkannya. Dengan penggabungan tersebut, maka suku bunga yang Anda bayarkan akan lebih kecil.

Penggabungan hutang bisa anda lakukan jika memungkinkan untuk melakukannya. Bisa saat Anda meminta restrukturisasi pinjaman online.

  1. Lihat Legalitas Perusahaan Pinjaman Online

Adapun langkah terakhir dari 5 cara melunasi hutang tanpa membayar yakni dengan mengecek legalitas perusahaan pinjol tersebut. Jika, perusahaan tersebut masuk ke dalam pinjol ilegal, maka Anda bisa menghentikan pembayaran.

Rizki Oktaviani
Editor