Jadi, lakukan 5 cara melunasi hutang pinjaman online tanpa membayar ini bila Anda memang terdesak dan tidak bisa membayarnya. Selain itu, juga Anda perlu mengecek legalitas dari perusahaan itu sendiri.

Pinjaman online yang ada di kita ada 2 jenis yakni Pinjaman yang terdaftar di OJK atau legal dan yang tidak terdaftar di OJK atau Ilegal.

Bagi Anda yang sudah terlanjur terjerat, ada 5 cara melunasi pinjol tanpa membayar yang bisa Anda praktekan. Adapun kelima cara tersebut akan dibahas dalam artikel berikut ini.

  1. Hitung Kemampuan Membayar

Langkah pertama menghitung lebih dulu kemampuan membayar Anda. Jangan sampai saat meminta keringanan anda tidak bisa menentukan besaran kemampuan membayar.

Hitung-hitungan ini, akan sangat berguna saat Anda melakukan negosiasi dengan pihak perusahaan pinjaman online tersebut. Sehingga, saat perusahaan pinjaman online memberikan kelonggaran, Anda bisa menentukan besarannya, sekaligus tidak akan membuat Anda terbebani.

  1. Menghubungi CS Perusahaan Pinjol

Langkah selanjutnya yakni menghubungi pihak perusahaan. Saat tersambung, sampaikan keluhan yang Anda hadapi saat ini dalam melakukan pembayaran.

Rizki Oktaviani
Editor