Daun yodium ini penuh dengan senyawa hebat yang bisa bantu sembuhin luka kita. Beberapa masyarakat di pedesaan memanfaatkan tanaman yodium sebagai obat buat luka baru mereka. Nggak cuma itu, di Nigeria, penduduknya juga pake tanaman yodium sebagai obat tradisional buat ngobati berbagai jenis infeksi.

Ini Dia 5 Manfaat Tanaman Yodium Sebagai Betadine Alami!

1. Menghentikan Pendarahan Pada Luka

parentingid

Pertama-tama, tanaman ini bisa bantu menghentikan pendarahan pada luka akibat benda tajam atau tergores, misalnya waktu lagi masak di dapur terus tergores pisau, pasti bakal ada pendarahan ringan.

Tenang aja, jangan panik! Kita bisa manfaatin daun betadine ini buat bantu menghentikan pendarahan itu. Caranya simpel banget, tinggal tetesin getah bening yang keluar dari batang daun tadi ke luka kita. Nggak bakal lama, darah yang keluar perlahan-lahan bakal berhenti.

2. Mempercepat Pengeringan Luka

Kalau kulit kita kena benda tajam atau tergores dan darah keluar terus menerus, jangan khawatir! Kita bisa manfaatin getah bening dari batang daun betadine ini. Getahnya tuh bisa bikin luka kita cepet kering, jadi proses penyembuhannya juga jadi lebih cepat. Gak cuma itu, dia juga bisa merapatkan kulit yang terluka akibat terkena benda tajam, loh! Jadi, nggak perlu takut lagi deh kalau luka mengganggu aktivitas sehari-hari.

3. Meregenerasi Sel Kulit Baru

Kalau kulit kita luka dan sel-sel kulitnya rusak, tenang aja! Getah dari batang daun betadine ini bisa bantu meregenerasi sel kulit yang baru. Jadi, kulit yang luka bakal cepet tertutup dengan sel-sel kulit baru dari getah daun yodium yang kita teteskan pas lagi luka. Selain bikin kulit segera sembuh, daun yodium juga bikin kulit kita jadi lebih kuat dan nggak mudah rusak lagi.

4. Mencegah Keloid

Kalian tahu nggak, kalau keloid itu tuh kayak benjolan atau daging yang tumbuh di bekas luka karena proses penyembuhan yang kurang baik? Saat kita lagi luka, ayo langsung pakai getah dari batang daun betadine ini. Dijamin, keloid bakal takut buat muncul! Dengan manfaatin getah ini, keloid nggak bakal tumbuh dan bikin kulit kita jadi kelihatan mulus setelah luka sembuh.

5. Menyamarkan Bekas Luka

Onalees Seeds

Wah, tanman ini memang luar biasa ya, dia bisa bantu kita mengatasi bekas luka juga, lho! Nih, kalau bekas luka kita berwarna hitam, biasanya kelihatan nggak enak dipandang, kan? Tapi tenang aja, jangan khawatir, kita bisa manfaatin daun betadine ini untuk bantu memudarkan bekas luka tersebut.

Ananditha Nursyifa
Editor