4. Arahkan Pandangan ke Timur Setelah Matahari Terbenam

Menurut para ahli, cara terbaik untuk melihat bulan purnama adalah dengan mengarahkan pandangan ke timur setelah matahari terbenam. Jika langit cerah, Anda akan dapat melihat fenomena ini dengan jelas.

5. Amati Bulan Sepanjang Malam

Bulan akan terus terlihat sepanjang malam. Anda bahkan dapat melihatnya saat langit belum terlalu gelap atau dalam kondisi cuaca yang kurang cerah. Bulan akan terbenam di barat sekitar saat matahari terbit.

6. Gunakan Alat Bantu

Untuk pengalaman yang lebih mendalam, gunakan alat bantu seperti kamera, binokular, atau teleskop kecil. Hal ini akan memungkinkan Anda melihat rincian lebih jelas.

Ilustrasi Melihat Blue Moon Menggunakan Teleskop – Cr. antarafoto

Jika ingin menggunakan alat bantu, pilih lokasi yang minim cahaya. Staf peneliti dari Observatorium Bosscha, Bandung, Agus Triono PJI merekomendasikan untuk melihatnya dari tempat yang minim cahaya agar pengamatan lebih akurat.

Dengan mengikuti tips ini, Anda dapat menikmati momen langka melihat Super Blue Moon dengan lebih baik dan mendapatkan pengalaman yang tak terlupakan.

Kamu juga memiliki opsi lain untuk menyaksikan Super Blue Moon melalui live streaming di kanal YouTube The Virtual Telescope Project. Selamat menikmati momen yang langka ini!

Ananditha Nursyifa
Editor