Bahan-bahannya antara lain 1 buah nanas segar, 2,5 cm jahe segar, 1-2 sendok teh kunyit bubuk, 1 cangkir jus ceri hitam, madu, sama 1 cangkir jus seledri.

Gimana cara buatnya? Nah pertama, kupas dan iris nanas jadi potongan kecil-kecil, trus di-blender sampe halus.

Terus tambahin jus ceri hitam, jus seledri, jahe, kunyit, dan madu secukupnya. Aduk semua bahan ini sampe rata dan simpen di botol kaca yang dimasukin kulkas. Minum rutin selama 10 hari buat dapetin manfaatnya, ya!

3. Cuka Apel, Jus Lemon dan Kunyit

Ramuan cyka apel, lemon dan kunyit – Cr. Rahsa Nusantara Sekarjagad

Campuran herbal yang menggabungkan cuka apel, jus lemon, dan kunyit memang sering direkomendasikan sebagai obat alami untuk meredakan asam urat.

Selain memiliki manfaat kesehatan, minuman ini juga memberikan kesegaran yang khas. Caranya mudah, tambahkan setengah perasan lemon ke dalam segelas air hangat.

Kemudian tambahkan 2 sendok teh cuka apel, aduk rata, dan sesuaikan rasa sesuai preferensimu. Minum campuran ini 2-3 kali sehari, dan semoga dapat membantu meredakan gejala asam urat.

4. Daun Sambiloto (Andrographis paniculata Ness)

Daun Sambiloto – Cr. Sanook.com

Mungkin kamu kurang familiar sama daun sambiloto, tapi dia punya manfaat sebagai obat asam urat dan beberapa penyakit lainnya, lho!

Daun ini punya kandungan senyawa aktif di dalamnya, kayak flavonoid, alkana, aldehid, keton, kalium, kalsium, dan natrium. Nggak cuma itu, sambiloto juga punya sifat anti radang, nyeriangin, dan bisa jadi penawar racun juga.

Hasil penelitian dari Universitas Negeri Padang ngasih tahu kalau sambiloto beneran bisa ngefek pada penurunan asam urat di tikus jantan.

Tapi, karena belum diujicobain pada manusia, jadi masih perlu lebih banyak riset buat tau dosis yang pas kalo mau pakai sambiloto buat obatin penyakit ini.

Ananditha Nursyifa
Editor