Periksa Bagian Rack Kemudi
Rack kemudi adalah bagian terpenting dari sistem kemudi mobil. Kerusakan pada komponen ini biasanya dipicu pada usia kendaraan yang memang sudah tua. Sehingga rack kemudi jadi rusak dan aus. Kerusakan pada bagian ini tak hanya membuat kemudi jadi berat, tapi juga akan menyebabkan mobil menjadi oblak dan sangat tidak nyaman.

Cara terbaik mengatasi masalah ini adalah dengan membawa ke bengkel sesegera mungkin. Namun jika masalah ini terjadi saat Anda sedang berkendara, segera kurangi kecepatan agar kondisi mobil tidak membahayakan keselamatan Anda.

Mengganti V Belt
Pada sistem kemudi mobil terdapat pompa power steering yang digerakan oleh pulley mesin lewat v belt yang berbahan dasar karet. Komponen berfungsi sebagai pelindung komponen lain yang berbahan logam agar tidak selip. Seiring masa pakai, v belt kerap jadi kotor akibat residu cairan oli atau kotoran lainnya. Hal inilah yang menyebabkan V belt dengan pulley jadi lebih licin dan jadi cepat putus.

Kendala ini bisa menimbulkan komponen pendukung mesin seperti alternator, kompresor AC dan pompa power steering jadi tidak berfungsi dan tentunya membuat kemudi jadi berat, aki drop dan suhu kabin akan terasa panas. Untuk mengatasi masalah ini, tentunya Anda perlu mengganti v belt dengan yang baru di bengkel terdekat. (*/red)

Sumber : Suzuki.co.id