Prolite – Setir mobil atau kemudi mobil sangat mempengaruhi keselamatan maupun kenyamanan berkendara. Salah satu permasalahan yang kerap terjadi pada sistem kemudi mobil adalah, setir yang terasa berat. Apalagi jika mobil tersebut sudah cukup tua. Jika masalah ini tidak segera diatasi, tentunya akan mengganggu performa berkendara Anda.

Selain membuat pengendara jadi cepat merasa kelelahan saat harus menyetir di jalanan yang banyak tikungan, kemudi yang berat juga bisa menimbulkan bahaya keselamatan. Salah satu dampak fatal yang bisa membahayakan adalah rusaknya rack kemudi.

Berikut adalah beberapa cara sederhana dan bisa Anda lakukan ketika mengalami masalah setir kemudi yang berat.

Periksa Tekanan Ban
Kemudi mobil yang terasa berat bisa jadi disebabkan tekanan ban yang terlalu kempis. Hal ini menyebabkan kemudi jadi sulit untuk dibelokkan. Ban mobil yang kurang angin selain bisa membuat kemudi jadi berat, juga memicu mobil bergetar ketika direm. Hal ini sangat berbahaya ketika digunakan untuk berkendara dalam kecepatan tinggi.

Untuk memeriksa apakah tekanan angin ban sudah cukup atau kurang tentunya sangat mudah. Anda cukup bisa melihat secara fisik ban mobil Anda terlihat kempis atau tidak. Atau jika Anda ingin lebih yakin, Anda bisa memeriksa tekanan angin di gerai pengisian nitrogen di SPBU.