Prilly mengaku tidak menyantap makanan berat saat sarapan. Aktivitas pagi harinya diawali dengan menyesap kopi hitam. Kemudian untuk makan siang, dia menyantap menu lengkap seperti nasi, sayur dan protein. Namun porsi nasi sangat dibatasi hanya 5-7 sendok makan.

Alodokter

Berikut ini adalah panduan menjalani pola makan clean eating yang tepat beserta contoh menunya:

  1. Pilih sumber karbohidrat yang padat nutrisi

Pada prinsip clean eating, sebisa mungkin hindarilah asupan makanan karbohidrat olahan, seperti roti tawar dan kue kering. Sebagai gantinya, Anda bisa mengonsumsi sumber karbohidrat yang padat nutrisi.

  1. Konsumsi banyak buah dan sayuran

Buah-buahan dan sayuran segar tidak boleh terlewatkan dalam menu makan clean eating. Idealnya, konsumsilah minimal 5 porsi buah dan sayur setiap hari, misalnya apel, jeruk, semangka, mangga, pisang, alpukat, kiwi, brokoli, kangkung, kembang kol, atau selada.

  1. Pilih sumber protein rendah lemak

Bagi Anda yang sedang menjalani clean eating, penting untuk memperhatikan pemilihan asupan protein rendah lemak, seperti dada ayam, daging sapi bagian has dalam, dan ikan sarden. Pastikan pula asupan protein diperoleh dari sumber yang tepercaya.

  1. Perhatikan asupan garam dan gula tambahan

Pada prinsip clean eating, pelakunya mengurangi makanan tinggi garam dan gula, seperti keripik, kue, biskuit, sosis, dan makanan siap saji. Ganti camilan olahan dengan makanan utuh, contohnya sayuran, buah-buahan, dan kacang-kacangan.

  1. Hindari bahan buatan pada produk makanan

Menerapkan pola makan clean eating pada dasarnya harus berfokus pada bahan-bahan yang digunakan dalam makanan. Sebisa mungkin, pilihlah produk makanan yang tidak mengandung pewarna buatan, pemanis, pengawet, bahan kimia, dan bahan sintetis lainnya.

  1. Konsumsi air putih yang cukup

Konsumsi minuman manis, soda, atau jus yang mengandung banyak gula juga termasuk hal yang perlu dihindari dalam pola makan clean eating. Pilihan minuman yang paling tepat untuk menghidrasi tubuh adalah air putih, infused water, atau teh herbal tanpa pemanis tambahan.