Beta-karoten membantu melindungi permukaan mata dan dapat mengurangi risiko infeksi. Beta-karoten juga berkontribusi dalam produksi rhodopsin, pigmen yang membantu penglihatan dalam kondisi cahaya rendah.

Wortel bisa dikonsumsi dengan cara direbus terlebih dahulu atau diiris menjadi bagian kecil dan dicampurkan ke dalam salad. Wortel juga enak diolah menjadi jus.

  1. Bayam

Bayam merupakan sayuran hijau yang bermanfaat untuk meningkatkan penglihatan. Bayam mengandung lutein dan zeaxanthin sebagai dua antioksidan kuat yang membantu melindungi dari gelombang cahaya berenergi tinggi yang berbahaya.

Antioksidan dalam bayam itu juga mengurangi risiko katarak dan degenerasi makula atau pusat retina. Zat ini membantu mendeteksi kontras dengan lebih baik.

  1. Ikan salmon

Ikan salmon juga baik dikonsumsi untuk meningkatkan kesehatan penglihatan. Konsumsi salmon secara teratur dapat mengurangi risiko mata kering dan degenerasi makula.

Salmon maupun ikan berlemak lainnya (fatty fish) kaya akan asam lemak omega-3, terutama kandungan DHA (docosahexaenoic acid). Kandungan DHA ini merupakan komponen penting dan dapat membantu menjaga penglihatan yang baik.

Rizki Oktaviani
Editor