PMM 2023 akan berlangsung selama satu semester di universitas di luar negeri yang telah ditunjuk oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Universitas yang ditunjuk terletak di negara-negara seperti Amerika Serikat, Inggris, Australia, Jepang, dan Korea Selatan.

Seperti yang dilansir oleh situs resmi PMM, “Program PMM bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan tinggi di Indonesia dan memperkuat hubungan antara perguruan tinggi di Indonesia dengan perguruan tinggi di negara-negara lain. Melalui program ini, mahasiswa diharapkan dapat mengembangkan keterampilan akademik dan interkultural, serta memperluas jaringan internasional mereka.”

Sementara itu, seperti yang dilaporkan oleh situs resmi Kampus Merdeka, “Program PMM juga merupakan bagian dari upaya Kampus Merdeka untuk menciptakan mahasiswa yang unggul dan siap bersaing di tingkat global. Mahasiswa yang mengikuti program ini diharapkan dapat menjadi agen perubahan di bidang akademik, sosial, dan budaya.”