Perkembangan Teknologi Revolusi Industri 5.0: Memahami Tantangan dan Peluang dalam Manajemen Operasi Perusahaan

Prolite – Seiring berjalannya waktu, perkembangan teknologi saat ini mengalami kemajuan yang sangat pesat, sekarang dikenal dengan istilah Revolusi Industri 5.0. Perkembangan zaman ini mendorong manusia untuk lebih kreatif dan inovatif dalam melakukan berbagai hal. Tidak terkecuali dengan manajemen operasi, yang mengalami suatu perubahan yang signifikan dengan lahirnya Revolusi Industri 5.0 ini.

Dalam sektor industri, perusahaan mesti mampu beradaptasi dengan lingkungan bisnis yang sangat dinamis, secara lingkup nasional maupun internasional. Saat ini digitalisasi bukan lagi menjadi pilihan, namun sudah menjadi suatu keharusan yang bertujuan untuk mempertahankan daya saing perusahaan.

Penerapan teknologi digital dalam operasi bisnis dapat meningkatkan produktivitas dan menciptakan nilai baru yang berkelanjutan. Beberapa aspek penting dari perubahan ini adalah inovasi proses, yang melibatkan penggunaan teknologi seperti Internet of Things (IoT), Artificial Intelligence (AI) dan analisis Big Data yang memiliki fungsi efisiensi dan efektivitas operasional. (Harto et al., 2023)

Dengan adanya perubahan ini, tantangan utama yang dialami oleh perusahaan dalam menetapkan inovasi proses adalah integrasi teknologi baru ke dalam infrastruktur operasional yang sudah ada (Xu & Li, 2020). Dalam mengimplementasikannya, proses ini sering kali dianggap rumit dan membutuhkan investasi skala yang besar dalam perangkat lunak, perangkat keras, serta sumber daya manusia yang terampil.