Mereka akan berusaha sekeras mungkin untuk mencapai hasil yang mereka inginkan. Mereka gak mau menyerah dan gak gampang puas sama hasil yang biasa-biasa aja. Ini bisa membantu mereka berkembang dan berhasil dalam karier atau tujuan hidup mereka.

Dalam contoh sehari-hari, mereka selalu mengevaluasi dan menganalisis setiap detail dengan sangat teliti, dan tak jarang menghabiskan waktu berjam-jam untuk mencapai hasil yang “sempurna.”

Sisi Negatif Si Perfeksionis

bizjournals

Tapi, jangan lupa, ada juga sisi gelap dalam sifat ini. Mereka terlalu keras pada dirinya sendiri karena sering menyimpan ekpetasi tinggi yang sulit untuk dicapai, bahkan sampai pada titik dimana mereka bisa ngorbanin kebahagiaan mereka sendiri.

Terus, mereka juga bisa jadi kritikal banget sama diri sendiri dan orang lain. Tak jarang mereka mencari-cari kesalahan kecil dan mengharapkan yang lain juga bisa nyamain standar sempurna yang mereka punya.

Ya iyalah, nggak mungkin kan semua orang itu sempurna? Jadi, kadang bisa bikin orang lain tuh merasa gak nyaman atau minder kalau deket sama mereka.

Ananditha Nursyifa
Editor