Ibu hamil yang tertular virus rubella, misal, sangat berisiko melahirkan anak dengan kelainan bawaan. Kemudian jika tertular virus campak, ibu bisa rentan keguguran.

  1. Menyebarkan penyakit ke lingkungan

Kasus penyakit menular hingga jadi wabah bisa dimulai dari anak yang tidak vaksin atau vaksin tidak lengkap. Polio jadi salah satu penyakit yang bisa ditekan prevalensinya berkat vaksin. Tanpa vaksin, polio tentu jadi momok kesehatan dunia.

  1. Biaya pengobatan dan perawatan tinggi

Sakit berat membawa konsekuensi perawatan di rumah sakit. Otomatis orang tua harus mengeluarkan biaya cukup tinggi. Hal ini pun jadi salah satu bahaya anak tidak vaksin.

Pasien difteri butuh rawat inap segera dengan fasilitas yang mampu menangani penyakit serta komplikasinya. Pasien ditempatkan di ruang isolasi dan obat-obatan khusus.

  1. Penurunan kualitas hidup

Tidak semua penyakit bisa sembuh sempurna atau pulih seperti sedia kala. Ada penyakit yang bisa menimbulkan komplikasi hingga mengakibatkan disabilitas tetap. Tentu saja hal ini bisa menurunkan kualitas hidup anak.

Campak bisa memicu komplikasi kebutaan. Polio akan mengakibatkan disabilitas permanen dan kematian.

  1. Penurunan harapan hidup

Data menunjukkan anak yang tidak imunisasi lengkap lebih berpeluang tertular penyakit sehingga angka harapan hidupnya menurun. Anak terkena penyakit yang seharusnya bisa dicegah dengan vaksin.

  1. Batasan perjalanan dan sekolah

Bahaya anak tidak vaksin salah satunya pembatasan perjalanan dan sekolah. Sejumlah negara mematok syarat imunisasi lengkap bagi warga negara asing. Anak pun tidak memiliki peluang untuk melanjutkan pendidikan di luar negeri.

Rizki Oktaviani
Editor