Ketika jumlah fosfor yang masuk itu berlebihan, maka organ dalam ini tidak mampu mengeluarkannya. Akibatnya, zat ini menumpuk dan lambat laun merusak ginjal.

Berikut 4 jenis makanan dan minuman yang dapat merusak ginjal:

  1. Makanan Kalengan 

Semua jenis makanan kalengan seperti sup, sayuran, dan kacang-kacangan cenderung lebih praktis dikonsumsi. Namun dibalik itu, makanan kaleng rupanya mengandung natrium alias garam yang sangat tinggi.

Adapun Tambahan garam ini bertujuan untuk mengawetkan dan meningkatkan umur simpan makanan.

Nah, saat kamu mengkonsumsi garam terlalu banyak, organ berbentuk kacang ini perlu bekerja lebih keras untuk membuang nitrium. Meningkatnya beban kerja ginjal lambat laun bisa merusak fungsinya. Jika terpaksa mengkonsumsi makanan kalengan, kamu bisa mengeringkan dan membilasnya.

  1. Daging Olahan

Daging olahan sering dikaitkan dengan penyakit kronis karena kandungan pengawetannya yang tinggi. Daging olahan adalah daging yang diasinkan, dikeringkan, diawetkan atau dikalengkan. Contohnya, sosis, kornet, ham, nugget dan daging asap.

  1. Minum Alkohol Berlebihan 

Alkohol dikenal bisa merusak ginjal, apalagi jika dikonsumsi sering dan terlalu banyak. Peminum berat sekaligus perokok berpotensi lebih tinggi terkena masalah.

Bahkan peluangnya sekitar lima kali lipat terkena penyakit ginjal kronis dibandingkan orang yang tidak merokok atau bahkan minum alkohol secara berlebihan.

  1. Makanan Kemasan dan Makanan instan

Makanan kemasan dan makanan instan adalah jenis makanan yang sudah melalui banyak proses. Misalnya seperti, mi instan, kentang beku, bubur instan, spaghetti instan dan sereal.

Rizki Oktaviani
Editor