Perlu diingat, menambahkan gula ke dalam kopi dapat mengurangi khasiat ini. Karenanya, konsumsilah kopi tanpa gula atau kopi hitam untuk membantu menurunkan kadar gula darah.

  1. ⁠Teh Hijau

Teh hijau sejak lama dikenal sebagai minuman yang menyehatkan. Manfaat teh hijau berasal dari berbagai senyawa yang terkandung di dalamnya, salah satunya katekin.

Studi yang dipublikasikan di jurnal Nutrition and Metabolism menemukan katekin dapat menghambat penyerapan karbohidrat di sistem pencernaan dan mengurangi stres oksidatif. Inilah yang kemudian membantu menurunkan kadar gula darah.

  1. ⁠Jus Tomat

Jus tomat merupakan salah satu pilihan yang nikmat untuk menurunkan gula darah. Jus tomat mengandung serat yang membantu memperlambat pencernaan, sehingga menghambat penyerapan gula ke darah.

Mengonsumsi 200 mililiter jus tomat 30 menit sebelum sarapan karbohidrat dapat mencegah kenaikan gula darah yang signifikan setelah makan.

  1. ⁠Teh Hitam

Selain teh hijau, teh hitam juga dikaitkan dengan penurunan risiko dan komplikasi diabetes. Senyawa yang terkandung dalam teh hitam diketahui dapat membantu mengurangi resistensi insulin, mengurangi peradangan, dan mengurangi stres oksidatif.

Para peneliti bahkan percaya komponen yang ada dalam teh hitam kelak dapat dikembangkan menjadi produk untuk mengatasi diabetes.

  1. ⁠Air Jahe

Jahe adalah salah satu bumbu dapur yang digunakan untuk hampir setiap makanan. Di luar itu, rempah ini juga memiliki manfaat kesehatan yang besar, termasuk dalam mengontrol kadar gula darah.

Rizki Oktaviani
Editor