Panji mengakui bahwa penyakit bawaan yang diidapnya dari ayahnya akhirnya terjadi pada dirinya karena kurang menjaga pola makan yang sehat.

Pola makan yang tidak seimbang menjadi pemicu utama munculnya diabetes pada dirinya.

Terkait Penyakit Diabetes Melitus (DM) yang Diderita Oleh Panji Petualang

Diabetes Melitus – Cr. herminahospitals

Mengacu pada informasi dari Kementerian Kesehatan, Diabetes Melitus (DM) adalah sebuah penyakit kronis dengan banyak faktor penyebab.

Penyakit ini ditandai dengan tingginya kadar gula darah yang disertai dengan gangguan metabolisme karbohidrat, lipid, dan protein karena kurangnya fungsi insulin.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sendiri menjelaskan bahwa insufisiensi fungsi insulin dapat disebabkan oleh gangguan atau kurangnya produksi insulin oleh sel-sel beta di pankreas. Ini disebabkan oleh kurangnya responsifitas sel-sel tubuh terhadap insulin.

Karena sering kali timbul tanpa gejala yang nyata, masyarakat harus tetap berhati-hati terhadap penyakit ini. Meski begitu, ada beberapa gejala umum yang perlu diwaspadai sebagai tanda kemungkinan diabetes.

Beberapa Gejala Penderita Diabetes

Cr. p2ptm.kemkes.go.id

Penderita diabetes seperti Panji Petualang umumnya mengalami sejumlah gejala khas yang dapat menjadi tanda adanya penyakit ini.

Ananditha Nursyifa
Editor