Museum Nasional Indonesia Kebakaran, Warisan Bersejarah Bangsa Terancam Punah

JAKARTA, Prolite – Dilansir dari MetroTV, Kejadian tragis yang melanda Museum Nasional Indonesia, yang lebih dikenal sebagai Museum Gajah.

Telah terjadi kebakaran besar beberapa hari lalu, telah menggugah pertanyaan serius tentang sejauh mana perlindungan benda-benda bersejarah di museum ini.

Peristiwa yang memilukan ini menjadi refleksi nyata tentang kerentanan perlindungan warisan peradaban bangsa, yang tampaknya terabaikan dalam beberapa waktu terakhir.

Warisan berharga ini, yang menjadi tumpuan peradaban Indonesia, saat ini mengalami kerusakan serius akibat kelalaian di tempat yang seharusnya menjadi tempat yang paling aman, yakni museum itu sendiri.

 

Menurut pihak Museum Nasional Indonesia, sebagian koleksi yang terkena dampak dari insiden kebakaran yang terjadi pada Sabtu (16/9) adalah replika benda-benda prasejarah.

Kejadian ini memengaruhi enam ruangan di gedung A museum tersebut, sementara 15 ruangan lainnya di gedung A dan ruang pamer di gedung B dan C selamat dari dampak kebakaran.

wikipedia
wikipedia
Ananditha Nursyifa
Editor