Prolite – Hai, kalian yang saat ini lagi berjuang untuk masuk ke perguruan tinggi negeri (PTN)! Ada kabar baik nih buat kalian yang masih punya mimpi untuk kuliah di PTN tanpa harus bergantung pada hasil UTBK-SNBT 2023.

Pengumuman Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK-SNBT) 2023 telah dibuka enam hari yang lalu, tepatnya pada Selasa (20/6/2023).

Adapun pengumuman UTBK-SNBT 2023 bisa diakses melalui link berikut http://pengumuman-snbt-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/count.html.

Bagi kamu yang lolos UTBK-SNBT bisa melihat hasil score di laman resmi SNPMB dengan mengunduh sertifikat UTBK terlebih dahulu, hasil dapat diakses mulai hari ini, 26 Juni hingga 31 Juli 2023.

Sementara bagi kamu yang belum lolos, gak usah khawatir! Sedih dan galau karena belum diterima gak apa, itu wajar kok, asal harus bangkit lagi ya! Beberapa PTN masih membuka jalur penerimaan tanpa melihat nilai UTBK-SNBT, jadi ada harapan buat kita yang mungkin belum meraih nilai yang diinginkan.

Apa yang dimaksud dengan jalur penerimaan tanpa nilai UTBK-SNBT?

Ini adalah jalur alternatif yang memberikan kesempatan kepada calon mahasiswa untuk mendaftar ke perguruan tinggi negeri berdasarkan aspek lain selain nilai UTBK-SNBT.

Misalnya, beberapa PTN mungkin akan melihat prestasi akademik kamu selama SMA atau berbagai pengalaman ekstrakurikuler yang telah kamu ikuti. Jadi, meskipun tidak punya nilai UTBK-SNBT yang tinggi, kamu masih punya kesempatan untuk masuk melalui jalur ini.

Ini adalah kabar baik buat kamu yang mungkin merasa cemas dengan hasil UTBK-SNBT. Kamu bisa menunjukkan bakat, prestasi, dan kelebihan lainnya yang tidak bisa diukur hanya dari satu tes. Jika kita memang memiliki motivasi dan semangat yang tinggi untuk belajar di PTN, jalur ini bisa menjadi kesempatan emas untuk mewujudkan impian kamu.

Ananditha Nursyifa
Editor