Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) juga masih membuka jalur mandiri tanpa nilai UTBK SNBT 2023 lewat beberapa mekanisme seleksi sebagai berikut:

  • SM-S1 Talent Scouting (Pendaftaran: 27 Maret – 22 Juni 2023). Penilaian berdasarkan bakat dan prestasi di bidang akademik dan non-akademik minimal peringkat 3 tingkat kabupaten/kota.
  • SM-S1 Prestasi Olahraga Unggul (Pendaftaran: 27 Maret – 22 Juni 2023). Penilaian berdasarkan bakat dan prestasi di bidang olahraga minimal peringkat 3 tingkat provinsi
  • SM-S1 Prestasi Akademik (Pendaftaran: 27 Maret – 6 Juli 2023). Berdasarkan nilai rapor dan prestasi akademik.
  • SM-S1 Prestasi Unggul (Pendaftaran: 27 Maret – 6 Juli 2023). Berprestasi unggul di bidang akademik dan non-akademik (seni, olahraga, penghafal kitab suci).
  • SM-S1 CBT (Pendaftaran: 29 Mei – 4 Juli 2023). Pelaksanaan tes berbasis komputer di kampus UNY maupun tempat tinggal masing-masing peserta.

Untuk informasi syarat dan ketentuan, biaya pendaftaran dan lain-lain, selengkapnya untuk masing-masing jalur Seleksi Mandiri yang tersedia, dapat kamu akses melalui laman berikut ini https://pmb.uny.ac.id/sites/pmb.uny.ac.id.

4. Universitas Negeri Semarang (UNNES)

PTN

Perguruan tinggi negeri Jalur Mandiri yang tidak menggunakan hasil UTBK-SNBT 2023 yang terakhir adalah Universitas Negeri Semarang (UNNES). UNNES membuka 6 jalur seleksi mandiri tahun 2023. Lima di antaranya adalah jalur mandiri tanpa nilai UTBK SNBT 2023.

Berikut ini jalur mandiri yang dibuka UNNES tahun 2023 antara lain:

  • Seleksi Mandiri Reguler Tes Tahap 1 (Pendaftaran online: 17 Mei – 9 Juli 2023)
  • Jalur Mandiri UTBK (UTBK di UNNES: 12 – 15 Juli 2023 sementara UTBK di domisili peserta: 16 – 17 Juli 2023)
  • Jalur Mandiri Rapor (Pendaftaran 17 Mei – 23 Juni 2023)
  • Pendaftaran Jalur Mandiri Prestasi, PGSD Unggulan, dan Kelas Internasional dilaksanakan secara online mulai 1 Maret – 9 Juni 2023.

Jika kamu tertarik dengan PTN yang satu ini, informasi selengkapnya mengenai seleksi mandiri UNNES bisa disimak melalui link berikut https://unnes.ac.id/admission/.

Nah itu dia 4 kampus yang masih membuka pendaftaran dengan tidak menggunakan nilai UTBK-SNBT 2023. Meskipun tidak memakai hasil UTBK/SNBT, tentu saja kita tetap harus mempersiapkan diri dengan baik untuk mengikuti jalur penerimaan ini.

Kita perlu mengumpulkan dan menyiapkan semua dokumen yang diperlukan, seperti sertifikat prestasi dan pengalaman kita selama SMA. Jadi, jangan menyerah jika hasil UTBK-SNBT tidak sesuai harapan kita.

Ada banyak jalan menuju perguruan tinggi negeri dan jalur penerimaan tanpa nilai UTBK-SNBT ini adalah salah satu di antaranya. Semangat dan percaya diri adalah kunci untuk mencapai impian kita. Tetap berjuang dan terus berusaha Para Pejuang PTN!

Ananditha Nursyifa
Editor