Nah, kampus mana aja sih, yang masih membuka pendaftaran dengan tidak menggunakan nilai UTBK_SNBT 2023?

Ini dia daftar PTN Jalur Mandiri Non-UTBK 2023

1. Universitas Padjajaran (Unpad)

PTN
hai.grid.id

Unpad membuka seleksi mandiri tanpa nilai tes UTBK. Akan tetapi kamu harus mengikuti ujian Seleksi Mandiri Universitas Padjajaran (SMUP) terlebih dahulu jika ingin mendaftar. Skema pendaftaran dan seleksi SMUP ini dibedakan menjadi dua, kamu bisa daftar Jalur Mandiri tanpa UTBK atau dengan UTBK.

Kalau kamu alumni yang lulus tahun 2021 dan 2022, pilihanmu memang cuma bisa daftar Jalur Mandiri tanpa UTBK. Kalau kamu lulusan 2023, jangan sampai salah pilih, ya. Pilih skema 2 untuk mengikuti Ujian Mandiri tanpa nilai UTBK.

Ujiannya akan diselenggarakan satu kali saja secara daring pada 8-10 Juli 2023. Materi ujian pun sepadan dengan materi ujian UTBK, dengan waktu pengerjaan yang juga sama. Kriteria kelulusan peserta SMUP berdasarkan nilai tertinggi sesuai kuota dan daya tampung yang ada.

Pendaftaran seleksi mandiri Unpad ini dibuka mulai tanggal 29 Maret-26 Juni 2023. Apakah kamu tertarik? Informasi selanjutnya mengenai seleksi mandiri Unpad bisa kamu simak melalui link berikut https://smup.unpad.ac.id/sarjana-jalur-mandiri/.

2. Universitas Indonesia (UI)

Kampus UI Depok (dok UI)

Universitas Indonesia membuka jalur mandiri tanpa nilai UTBK SNBT 2023 melalui Seleksi Masuk Universitas Indonesia (SIMAK UI). Seleksi ini dibuka untuk jenjang S1, S1 Kelas Internasional. Vokasi, Profesi, RPL, Magister, dan Doktor. Adapun pendaftaran SIMAK UI dibuka mulai dari 6 Juni hingga 6 Juli 2023.

Nantinya peserta yang akan mengikuti SIMAK UI diharuskan membayar biaya pendaftaran untuk 2 pilihan pertama MIPA atau IPS sebesar Rp 500.000. Atau biaya 3 pilihan pertama IPA dan IPS sekaligus, diharuskan membayar biaya sebesar Rp 600.000. Jika kamu tertarik, informasi selengkapnya mengenai seleksi mandiri UI bisa disimak melalui link berikut https://penerimaan.ui.ac.id/period/index/3146.

3. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

www.uny.ac.id
Ananditha Nursyifa
Editor