Contoh produk non-comedogenic seperti; Somethinc Ceramic Skin Saviour Moisturizer Gel, Dear Me Beauty Skin Barrier Water Cream. dan Wardah Acnederm Day & Night Treatment Moisturizer

3. Hindari menyentuh wajah dengan tangan kotor

Tangan dapat membawa bakteri dan kotoran yang dapat menyumbat pori-pori. Jadi sebelum menyentuh area wajah atau saat ingin menggunakan skin care, pastikan tanganmu sudah bersih ya!

Ilustrasi wanita yang memakai masker – freepik

4. Lakukan eksfoliasi wajah secara teratur

Eksfoliasi membantu mengangkat sel kulit mati yang menyumbat pori-pori. Lakukan eksfoliasi 1-2 kali seminggu dengan scrub wajah yang lembut.

5. Tabir surya 

Paparan sinar matahari dapat meningkatkan produksi minyak di kulit, yang dapat menyebabkan komedo. Pakai tabir surya dengan SPF minimal 30 secara rutin tiap hari, meskipun  cuaca mendung atau berada di dalam ruangan.

6. Mengelola stres dengan baik

Stres dapat meningkatkan hormon testosteron, yang dapat meningkatkan produksi minyak di kulit. Lakukan aktivitas yang dapat membantumu mengelola stres, seperti yoga, meditasi, atau mendengarkan musik.

7. Konsumsi makanan yang sehat dan seimbang

Makanan yang kaya akan vitamin A, C, dan E dapat membantu menjaga kesehatan kulit dan mencegah komedo. Konsumsi banyak buah-buahan, sayur-sayuran, dan whole grains.

8. Tidur yang cukup

Tidur yang cukup membantu tubuhmu untuk regenerasi dan memperbaiki sel-sel kulit. Pastikan  tidur cukup, sekitar 7-8 jam setiap malamnya.

Ilustrasi wanita dengan kulit bersih dan sehat – freepik
Ananditha Nursyifa
Editor