Baca Juga : 30 PKL Regol Direlokasi, Bangunan Liar Ditertibkan

Selain itu, ia juga memaparkan perkembangan akses sanitasi Kota Bandung yang terus menunjukkan tren positif dari tahun ke tahun.

“Kolaborasi pentahelix dijalankan Pemkot Bandung menuju ODF 100 persen. Antara lain melibatkan Pemerintah, Akademisi, Masyarakat, Swasta, dan Media Massa. Dari kolaborasi tersebut, Kota Bandung berhasil meraih penghargaan AMPL Awards dari Bappenas,” ucap Ema.

Sedangkan Koordinator Tim Verifikasi TP KKS Provinsi Jawa Barat Agus Ismail menyampaikan apresiasi atas capaian ODF 100 persen yang telah diraih Kota Bandung. Ia menyebut hal ini sebagai tren positif menuju predikat Swasti Saba Wistara pada 2023.

“Isu KKS ini telah menjadi isu nasional. KKS telah menjadi isu yang harus kita selesaikan. Kami lakukan verifikasi. Agar ketika tim dari pusat datang melakukan penilaian, angkanya bisa sesuai dengan yang diraih Tim Pembina Kota dan Tim Pembina Provinsi,” ucapnya.

Agus juga berharap jika nantinya Kota Bandung meraih predikat Swasti Saba Wistara, Kota Bandung dapat menjadi percontohan kota maju di Indonesia.

“Mudah-mudahan kategori Swasti Saba Wistara ini nantinya mencerminkan seluruh wilayah di Kota Bandung,” ucapnya.(rls/kai)