Koperasi Rangkul Teman, Kiat Perumda Pasar Juara Berantas “Bank Emok”

BANDUNG, Prolite – Berantas bank emok, Perumda Pasar Juara bekerjasama dengan koperasi Rangkul Teman. Koperasi tersebut akan memberikan permodalan bagi para pedagang di seluruh pasar tradisional Kota Bandung.

Direktur Utama PD Pasar Juara Kota Bandung Pradana Aditya Wicaksana mengatakan adanya koperasi Rangkul Teman ini guna meringankan pedagang namun bersifat tidak memaksa.

“Di sini tidak ada jaminan, intinya adalah kami Perumda pasar berupaya membantu pedagang dengan membantu permodalan supaya dua arah jangan hanya mengambil retribusi saja tapi tidak solusi buat pedagang,” ujar Aditya sapaan akrabnya disela launching koperasi Rangkul teman di pelataran kantor sekaligus pasar Sederhana, Rabu (23/7/2024).

Koperasi Rangkul Teman ini kata dia akan membantu permodalan supaya ekonomi berjalan. Pasalnya koperasi yang ada saat ini belum optimal.

“Nanti terintegrasi dengan kami, bagaimana langkah-langkah nya. Nanti terkontrol oleh Perumda, apakah menguntungkan atau merugikan. Ini kami kasih solusi, sehingga kami paham kondisi pedagang dan seperti apa,” tuturnya.

Lanjut dia selama ini permodalan pedagang lebih ke modal sendiri atau pinjaman melalui perbankan.

“Soalnya tergantung pedagang karena ini bukan paksaan ini hanya solusi pilihan bantu pedagang. Kita ingin koperasi ini hadir di seluruh pasar, ” ungkapnya lagi.