Berikut masalah keputihan terdapat 9 jenis warna yang perlu di ketahui bagi kaum wanita:

  1. Keputihan Berwarna Putih

Keputihan dengan tekstur kental sering kali dialami setelah wanita selesai haid tanda seperti itu merupakan masalah nomal.

Jika dipegang, keputihan ini cenderung terasa lengket. Kamu perlu tahu, vagina akan mengeluarkan cairan yang normalnya berwarna putih jernih.

  1. Keputihan Serupa Putih Telur

Kamu juga bisa mengalami keputihan yang warnanya seperti putih telur. Warna keputihan yang jernih atau putih dengan tekstur seperti lendir merupakan jenis yang normal.

Keputihan seperti ini seringkali dialami beberapa hari sebelum ovulasi atau menandakan wanita sedang dalam masa subur.

  1. Keputihan Warna Abu-Abu

Keputihan berwarna abu-abu merupakan jenis keputihan abnormal. Kondisi keputihan ini mungkin disebabkan oleh penyakit bacterial vaginosis.

  1. Keputihan Warna Kuning

Keputihan yang berwarna kekuningan menandakan kondisi kesehatan organ intim yang tidak normal. Keputihan jenis ini bisa terjadi akibat adanya infeksi bakteri atau infeksi menular seksual.

  1. Keputihan Warna Cokelat

Keputihan berwarna cokelat dapat disebabkan oleh adanya darah. Jenis keputihan ini dikenal dengan istilah flek atau spotting.

Keputihan jenis ini bisa berkaitan dengan siklus menstruasi yang tidak teratur, tanda awal haid, kehamilan, keguguran, dan kondisi lain.

Namun jika mengalami terus menerus berwarna coklat maka segerakan periksa ke dokter ada kemungkinan tanda kanker Rahim atau kanker serviks.

  1. Keputihan Warna Hijau

Apabila mengalami keputihan berwarna hijau, kamu patut waspada. Sebab, keputihan berwarna hijau bisa menjadi tanda infeksi bakteri atau infeksi menular seksual seperti trikomoniasis.

Siapa pun yang mengalami keputihan hijau juga harus segera berkonsultasi dengan dokter.

  1. Keputihan Warna Putih dan Menggumpal

Keputihan menggumpal dapat disebabkan oleh pertumbuhan jamur di vagina dalam jumlah yang berlebihan.

Rizki Oktaviani
Editor